Thursday, April 28, 2011

TUJUAN MENUNTUT ILMU??!!

Semakin banyak mahasiswa yang memperoleh gelar sarjana di bidang Ekonomi, semakin banyak jumlah penduduk di negara ini yang miskin.

Semakin banyak mahasiswa yang memperoleh gelar sarjana di bidang Hukum, semakin leluasalah ruang gerak koruptor di negara ini.

Semakin banyak mahasiswa yang memperoleh gelar Sarjana di bidang Teknik, semakin banyak pula teknologi asing yang kita beli.

Semakin banyak mahasiswa yang memperoleh gelar Sarjana di bidang Sains, semakin banyak kota dan desa-desa yang banjir atau kekeringan.

Semakin banyak mahasiswa yang memperoleh gelar Sarjana di bidang Kesehatan, semakin bertambah pula angka kematian karena gizi buruk.

Semakin banyak mahasiswa yang memperoleh gelar Sarjana di bidang Agama dan semakin banyak orang yang tamat membaca kitab sucinya, semakin banyak juga orang yang melakukan fitnah dan pembunuhan atas nama agama.

Semakin banyak mahasiswa yang memperoleh gelar Sarjana di bidang Politik, semakin tidak jelas arah dan tujuan negara ini.

Semakin banyak ilmu yang dipelajari di universitas atau di perpustakaan, semakin bodohlah orang-orang di luar sana. 

Apa yang menyebabkan semua itu? Jika ilmu pengetahuan tidak bisa menciptakan “karya seni” yang dapat menyederhanakan masalah manusia yang rumit, untuk apa ia masih tetap dipelajari?

Atau mungkin pertanyaannya bukan demikian, melainkan:
Sudahkah manusia memahami hakikat dan tujuan ilmu yang telah dipelajarinya?

Atau mungkin seperti ini: Apa sebenarnya tujuan manusia sekarang mempelajari ilmu pengetahuan, apakah karena uang, kekuasaan, perempuan, atau benar-benar tulus untuk menciptakan suatu karya yang berguna bagi manusia?

Hanya diri kita sendirilah yang bisa menjawab pertanyaan itu, karena sebenarnya kita tahu mana perbuatan yang diinginkan Tuhan dan mana yang tidak diinginkan Tuhan, karena pada dasarnya kita semua berpikir.

“Saya berpikir jadi saya ada” (Rene Descartes)

No comments:

Post a Comment